Kenapa belajar PKn itu penting?

Zaman sudah mulai tua, teknologi adalah saudara yang se-iya dan se-kata dengan kebebasan informasi dan sepupu dari pasar ekonomi bebas. Akibatnya, tidak hanya “free trade area” saja yang berkembang, namun, kini kata “world village” sudah benar-benar menjadi nyata.

apa itu world village?

world village adalah satu konsepsi dimana batas negara, (termasuk di dalamnya budaya, ekonomi, politik) secara faktual sudah tidak lagi ada.

ada apa dengan konsepsi world village?

jika batas-batas budaya, ekonomi dan politik itu tidak lagi ada, maka entitas budaya dan bangsa kita hanya tinggal menunggu waktu saja untuk jatuh berkeping-keping, yang hanya menyisakan kenangan manis saja, kenangan tentang perjuangan kemerdekaan indonesia, kenangan tentang manisnya pengorbanan mempertahankan kesatuan bangsa. sebab, kini tak ada lagi artinya semua itu. karena apa guna merdeka jika negara tak bisa berbuat apa-apa. apa guna budaya bangsa jika tak lagi menyatukan gerak kaki satu entitas bangsa.

Bagaimana kita mempertahankan Entitas Nasional Indonesia ini?

di tengah seranganyang bertubi-tubi ini, tidak mudah untuk mempertahankan rasa akan memiliki satu entitas bangsa. rasa yang sering kita kenal dengan nasionalisme ini tidak bisa dibuat dengan sekonyong-konyong, tetapi rasa ini harus di tanam, dirawat dan dijaga dengan baik dan telaten. oleh karena itu, diperlukan satu alat yang dapat digunakan untuk itu semua. yaitu alat yang mengenalkan mengapa kita itu perlu bersatu dalam ikatan kebangsaan, bagaimana peran yang dapat dilakukan untuk memperjuangkan bangsa kita. alat yang di desain secara berkesinambungan dan terencana dengan tujuan akhir yang jelas dan terukur.

Maka PKn adalah jawabannya………

  1. #1 by Mbah Tuyul on November 13, 2012 - 8:39 am

    posting yang baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: